Friday, September 21, 2012

Jangan Durhaka !


Assalamu'alaikum wr.wb.

Orang tua adalah perantara kita berada di dunia ini. Kita lahir di dunia ini atas kasih sayang dari ibu dan bapak. Kenikmatan, kesenangan hidup yang kita jalani saat ini juga berasal dari budi baik dari orang tua . Orang tua adalah perantara dari Allah swt tentang keberadaan kita di dunia ini.

Ciri Anak Durhaka

Mementingkan diri sendiri
Tidak ada gunanya walau mempunyai harta yang banyak, ilmu seluas lautan apabila punya julukan anak durhaka dan tidak beriman. Bagaimana cara membalas budi orang tua itu? Membalas budi orang tua tidak harus dilakukan dengan cara menggendong, menyuapkan makanan, dll seperti yang dilakukan orang tua kita pada waktu kita masih kecil. Sayangilah orang tua, beri mereka perhatian. Orang tua pasti hanya mengharapkan perhatian dari anaknya dengan penuh kasih dan sayang, seperti kasih sayang yang diberikan orang tua pada waktu kita masih kecil.

Tidak menghormati orang tua
Salah satu ciri anak durhaka adalah tidak menghormati orang tua, apa contohnya? misalnya berperilaku kasar, bicara kasar terhadap orang tua. Bertutur kata yang  biadab  tanpa budi pekerti yang baik. Sebagai anak kita harus selalu saling bertukar pikiran dan pendapat tentang sesuatu apapun. Walau berbeda pendapat misalnya, sebaiknya dirundingkan/dirembuk, musyawarah hingga mendapatkan keputusan yang baik. Orang tua pasti selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Orang tua pasti sudah banyak  makan garam  dan banyak pengalaman hidup dibandingkan anak.

Sabda Rasulullah saw yang maksudnya ''Keredhaan Allah letaknya pada keredhaan ibu bapa, sedangkan kemurkaan Allah terletak pada kemurkaan ibu bapa.'' ( HR.Al-Tirmizi). Jadi kita harus berhati-hati memegang peranan sebagai seorang anak. Semoga kita semua tidak termasuk dalam golongan orang yang ringan timbangan mizannya di akhirat nanti hanya karena menjadi  anak durhaka  Amiin. Sekian tulisan singkatku semoga berguna buat anda, salam.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

No comments:

Post a Comment